Latest News
Kamis, 06 Oktober 2016

Mitos, Afrika Punya Makhluk Mitologi Sangar Seperti Makhluk Yunani

Mitos, Afrika Punya Makhluk Mitologi Sangar Seperti Makhluk Yunani - Makhluk mitologi memang merupakan sebuah mitos atau legenda cerita rakyat turun temurn, kali ini datangnya dari Afrika yang katanya enggak kalah sangarnya dari makhluk mitologi yunani atau yunani, makhluk apa sajakah itu,,,simak langsung nih beritanya.

Makhluk Mitologi Afrika ini Tak Kalah Sangar Dibandingkan Yunani


Berbicara soal makhluk mitologi biasanya kita akan langsung mengacu pada Yunani. Ya, hampir semua makhluk mitologi yang kita kenal pasti dari sini. Sebut saja Phoenix, Chimaera, Griffin, dan lain sebagainya. Sebenarnya tiap tempat itu punya makhluk mitologinya sendiri. Bahkan termasuk pula negara-negara di Afrika.

Tanpa banyak yang tahu, ternyata masyarakat di negara-negara Afrika juga menyimpan kepercayaan terhadap eksistensi makhluk-makhluk luar biasa. Sebut saja misalnya adalah Mokele-Mbembe. Makhluk ini digambarkan mirip seperti Brachiosaurus dengan ciri khas lehernya yang panjang itu. Masyarakat Kongo khususnya, percaya jika makhluk ini ada dan mendiami sebuah tempat di sana. Bahkan dikatakan pernah ada saksi mata yang melihatnya.

Nah, tak hanya itu makhluk mitologi yang ada di Afrika. Masih banyak yang sangar dan tak kalah kalau dibandingkan dengan yang lain. Simak ulasannya berikut.

Ninki Nanka, Naga Afrika yang Katanya Nyata


Ada sebuah legenda yang diceritakan turun temurun di Afrika Barat. Ini adalah tentang eksistensi sebuah makhluk luar biasa bernama Ninki Nanka. Dikatakan kalau makhluk satu ini berbentuk seperti naga dengan fisik menyerupai buaya dan bisa mengeluarkan nafas api. Terdengar seperti dongeng sekali ya, walaupun konon pernah ada yang benar-benar melihat makhluk ini.

Untuk membuktikan kebenaran tersebut sekelompok peneliti asal Inggris pernah melakukan perjalanan ke Gambia di tahun 2006. Tak ada dokumentasi, namun mereka mengklaim kalau melihat salah satu dari Ninki Nanka. Menurut legenda, makhluk ini sangat buas dan bisa membunuh dengan sangat mudah.

Inkanyamba, Ular Besar Berkepala Kuda


Di Afrika Selatan ada semacam kepercayaan akan keberadaan sebuah makhluk unik bernama Inkanyamba. Makhluk satu ini sering dideskripsikan berwujud ular besar dengan kepala seekor kuda. Menurut suku Zulu, makhluk ini mendiami sebuah hutan di dekat air Terjun Howick, Afsel.

Kemunculan makhluk ini bisa dibilang adalah pertanda buruk. Pasalnya, masih menurut suku Zulu, Inkanyamba akan jadi penyebab munculnya banyak kengerian. Mulai dari badai dahsyat sampai banjir bandang. Sosok Inkanyamba sendiri terlukis di sebuah gua kuno yang ada di sana.

Jengu, Putri Duyung Cantik Versi Afrika


Tentang putri duyung, mayoritas masih menganggap makhluk satu ini adalah mitos. Padahal sudah ada beberapa saksi bahkan video yang beredar tentang hal tersebut. Nah, terlepas dari itu, di Afrika ternyata juga ada makhluk yang identik dengan putri duyung ini. Namanya adalah Jengu.

Secara fisik Jengu digambarkan separuh manusia dan ikan. Ia juga dikatakan sangat cantik dan gemar menolong. Jengu lekat dengan orang-orang suku Sawa yang ada di Kamerun. Menurut mereka, barang siapa berdoa kepada Jengu maka ia akan diberikan kesembuhan dan juga kebahagiaan.

Grootslang, Makhluk Kombinasi Antara Gajah dan Ular


Sejak dulu orang Zulu dan Xhosa yang ada di Afrika Utara percaya akan eksistensi makhluk bernama Grootslang. Menurut mereka, makhluk ini wujudnya seperti seekor gajah namun ia memiliki ekor seperti ular, kadang juga mirip buaya. Mereka juga percaya hari ini Grootslang masih ada dan mendiami suatu hutan di Afrika Selatan.

Menurut buku karangan George M. Eberhart, Grootslang diketahui memang bukan cuma makhluk mitologi saja melainkan benar-benar ada. Tercatat ada beberapa saksi mata yang pernah melihat makhluk ini berenang di sebuah perairan. Tak ada mitos atau apapun tentang makhluk ini. Hanya saja, menurut orang Zulu lebih baik jangan pernah mengganggu seekor Grootslang.

Inilah deretan makhluk-makhluk mitologi mengerikan yang ada di Afrika. Beberapa memang terkesan dongeng, namun sebagian yang lain dianggap benar-benar nyata. Bahkan ada saksi mata sebagai penguatnya. Terlepas apakah makhluk mitologi ini asli atau tidak, namun yang jelas kegaharan mereka tak kalah dari yang ada di Yunani.

Sumber : www.boombastis.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mitos, Afrika Punya Makhluk Mitologi Sangar Seperti Makhluk Yunani Rating: 5 Reviewed By: Sendal Capit