Latest News
Kamis, 06 Oktober 2016

Memex Search Engine Milik DARPA Pembunuh Google

Memex Search Engine Milik DARPA Pembunuh Google - Wow judulnya ngeri,,,eh enggak ya?? hmmm...terserah kalian mau menilainya gimana tapi yang pasti artikel ini memberitahukan tentang sebuah mesin pencari yang lebih hebat di google, bing, yahoo dan lainnya, saking hebatnya Memex ini awas jangan pakai ( k ),,,bisa menelusuri semua deep web yang tidak terjangkau oleh mesin pencari lainnya...gimana keren enggak?? Biar lebih jelas baca langsung artikelnya saja nih.

Fakta Sangar Memex, Search Engine Pembunuh Google Milik DARPA

Dibandingkan dengan Bing dan Yahoo, Google adalah search engine paling oke di dunia dengan jumlah pengguna terbanyak. Sebagai gambarannya nih, Google menguasai sekitar 74 persen user, sedangkan sisanya yang 26 persen dibagi untuk Yahoo dan Bing. Memang masuk akal kenapa Google banyak dipakai. Kemudahan, cepat, akurat serta fitur yang lengkap jadi alasannya. Tapi, terlepas dari jumlah usernya yang mendominasi, Google secara kemampuan tidaklah sanggup mengalahkan sebuah mesin pencari bernama Memex.

Memex adalah search engine buatan DARPA yang kemampuannya benar-benar sangat gila. Analoginya adalah ketika Google hanya bisa menjangkau selutut dari lautan internet, Memex bisa menyelam sampai bermeter-meter bahkan kilometer ke dalam. Sangat jauh perbandingannya. Penggunaan Memex sendiri tak hanya bisa dipakai untuk mengeksplorasi surface web saja, tapi juga deep web yang tak bisa disentuh search engine mana pun.

Memex diciptakan Amerika bukan tanpa tujuan melainkan untuk satu misi penting. Ya, memberantas kejahatan di seluruh dunia dengan kemampuan sangar sang mesin pencari ini. Nah, berikut adalah fakta-fakta dari Memex yang pasti bakal makin mengejutkanmu.

Memex Lebih Sakti dari Google


Kita pasti tahu ya kalau internet itu lebih luas dari apa yang bisa dibayangkan. Setidaknya ada jutaan bahkan miliaran website di sana. Nah, meskipun begitu luas, Google sendiri diperkirakan hanya mampu menampilkan lima persen saja dari jumlah web yang bermiliar-miliar itu. Google memang hanya menampilkan website yang bisa diindeks. Sisanya mereka abaikan dengan berbagai alasan.

Nah, jika si mesin pencari sejuta umat hanya bisa mengindeks lima persen saja dari internet, Memex menunjukkan kemampuannya dengan ability menampilkan informasi dari semua web yang ada. Dalam artian, 95 persen area internet yang tak bisa dijangkau Google bisa dicari dengan Memex. Alhasil, Memex bisa menampilkan data dan informasi jauh lebih komplit dan sempurna dari Google. Nah, dari sini kemudian data dan informasi tersebut bisa dipakai untuk berbagai hal.

Memex Bisa Menyelami dalamnya Deep Web


Boleh lah Google membusungkan dadanya sebagai search engine paling oke dengan fitur sangat mumpuni. Tapi, sehebat-hebatnya Google, mereka tak bisa dipakai untuk menyusuri Deep Web. Deep Web sendiri seperti yang kamu tahu adalah bagian lain dari internet yang untuk mengaksesnya butuh mekanisme super susah. Deep Web memang sengaja tidak diumbar karena risiko menyelaminya sangat tinggi.

Nah, ketika Google tak sanggup dengan Deep Web, Memex tampil sebagai salah satu dari sedikit search engine yang bisa dipakai untuk menjelajahi area internet bawah. Hal ini karena kemampuan mencangkul indeksnya yang brilian sehingga miliaran website di Deep Web pun bisa digalinya.

Memex Dipakai untuk Misi Besar


DARPA menciptakan Memex bukan untuk gagah-gagahan dan show off melainkan memang mengusung misi penting. Selama ini kita tahu betul kalau kejahatan sudah merambah ke ranah digital. Penipuan, hacking, pencurian data, human trafficking, prostitusi, pembunuhan, senjata ilegal, semua aksi kriminal ini sekarang sudah melibatkan internet dalam pengoperasiannya. Nah, rata-rata dari web-web jahat ini menggunakan mekanisme khusus sehingga mereka selalu terlewatkan ketika diindeks oleh Google.

Tapi, Memex tidak seperti itu. Tak peduli proteksi atau protokol macam apa pun yang dipakai, Memex tetap bisa menemukannya. Ini tentu jadi modal bagus bagi pihak kepolisian karena mereka hanya perlu melanjutkan penyelidikan sesuai data yang ada. Polisi Amerika sih mungkin melakukan ini, tapi tidak dengan kita. Kamu tahu sendiri polisi Indonesia rata-rata kudet kalau masalah beginian, kecuali mungkin untuk bagian cyber crime.

Cara Kerja Memex Ternyata Sangat Rumit


Tidak seperti Google yang sistem pencariannya linier berdasarkan algoritma, Memex dibekali dengan mekanisme searching yang lebih kompleks. Jadi, ketika kita mencari sesuatu dengan Memex, maka si mesin pencari ini akan melakukan indexing untuk semua web yang ada. Takkan ada satu pun yang dilewatkan oleh Memex bahkan iklan pun juga ia telusuri. Setelah selesai, kemudian Memex akan mengumpulkan hasil carinya lalu menampilkan detail informasinya.

Hal yang unik dari Memex adalah ia menampilkan hasil pencarian dengan format infografis yang sangat canggih. Sesuatu yang belum bisa dilakukan Google yang hanya mampu menampilkan data secara linier begitu saja. Nah, dari hasil pencarian ini, kemudian aparat atau kepolisian bisa melakukan tindakan lanjutan. Dalam pemecahan kasus, Memex seolah membuka separuh dari klu yang ada. Hebat, kan?

Memex mungkin tak hanya berguna untuk mengungkap kasus kejahatan, tapi juga sanggup jadi salah satu kekuatan militer terbaik Amerika. Seperti yang kamu tahu Deep Web juga menampilkan banyak informasi tentang rahasia negara di dalamnya. Memex sendiri bisa dipakai untuk mengindeks semua web di Deep Web. Jadi, kamu sudah tahu sendiri kan maksudnya seperti apa? Pada akhirnya Memex ini juga bisa jadi konspirasi sendiri. Apakah memang digunakan untuk mengungkapkan kejahatan, atau dipakai sebagai senjata AS untuk mendapatkan informasi rahasia negara lain? Mungkin hanya mereka yang tahu.

Sumber : www.boombastis.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Memex Search Engine Milik DARPA Pembunuh Google Rating: 5 Reviewed By: Sendal Capit