Latest News
Senin, 03 Oktober 2016

Cerita Rakyat - Mitos gunung Slamet Dan Pulau Jawa Terbelah

Cerita Rakyat - M2000 – Setiap daerah pastilah punya legenda atau mitos sendiri-sendiri. Kali ini admin akan membahas salah satu mitos yang ada pada gunung Slamet. Gunung tertinggi di Jawa Tengah tersebut, disinyalir jika meletus, maka letusannya akan membahayakan makluk hidup di beberapa kota . Seperti halnya gunung-gunung lain, Gunung Slamet juga memiliki mitos yang menyebar dari mulut ke mulut warga di lereng sekitarnya.


Salah satu mitos yang akrab di warga lereng Slamet yakni terbelahnya pulau Jawa jika gunung yang memiliki ketinggian 3.428 itu meletus besar. Mitos ini banyak diyakini warga lantaran letak Gunung Slamet yang memang nyaris berada di tengah-tengah antara pantai utara dan selatan. Gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa ini juga letaknya berada di tengah-tengah pulau Jawa. Menurut cerita, jika Gunung Slamet meletus besar maka akan membuat parit besar atau selat yang menyatukan laut selatan dan utara.

Cerita ini sudah lama berkembang di warga Banyumas dan sekitarnya. Mitos ini kemudian dihubung-hubungan dengan ramalan Ki Jayabaya yang menyebut suatu saat Pulau Jawa akan terbelah dua. Entah ramalan atau mitos warga yang lebih dulu, namun kedua hal itu seolah menjadi tali temali satu sama lain. Bahwa pulau Jawa’akan terbelah dua dan Gunung Slamet adalah sumbunya.

Mitos tersebut jika dihubungkan dengan Gunung Krakatau seolah bukan hal mustahil. Gunung Krakatau yang terletak di selat Sunda pada tanggal 27 Agustus 1883 silam meletus dahsyat. Akibat letusan tersebut, tercipta awan panas dan gelombang tsunami yang’menyebabkan sekitar 36.000 jiwa tewas. Konon suara letusan yang ditimbulkan dari Krakatau itu terdengar sampai di Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika. Para ahli menyebut daya Krakatau mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

Para peneliti juga menyebut jauh sebelum letusan tahun 1883, Krakatau pernah meletus hebat dan membuat Pulau Jawa dan Sumatera terpisah. Lalu bagaimana dengan Gunung Slamet? Pemberian nama Slamet sendiri diyakini mengandung doa dan harapan. Gunung Slamet diharapkan tetap membuat warga yang tinggal di lerengnya tetap selamat dan jauh dari mara bahaya.

Sumber : masshar2000.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cerita Rakyat - Mitos gunung Slamet Dan Pulau Jawa Terbelah Rating: 5 Reviewed By: Sendal Capit